1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Informasi Jadwal Seleksi Mandiri PTN 2017 Terbaru!
Informasi Jadwal Seleksi Mandiri PTN 2017 Terbaru!

Informasi Jadwal Seleksi Mandiri PTN 2017 Terbaru!

Rating: 5.0 - out of 5stars
26 April 2017 1 Komentar
Penulis:

Ada yang berbeda dari proses Penerimaan Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi Negeri tanah air tahun ini. Pasalnya pihak PTN kini bisa lebih leluasa menyelenggarakan sistem seleksi beserta kuota mahasiswa yang diterima. Jika tahun-tahun sebelumnya, PTN diharapkan menyelenggarakan tiga jalur penerimaan, yakni SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri (SM), kini PTN dapat memilih untuk menyelenggarakan SM atau tidak.

Tahun ini, beberapa PTN mulai meniadakan SM dan digantikan dengan diperbanyaknya kuota mahasiswa, yang diterima yang diterima melalui SNMPTN dan SBMPTN. Contohnya saja di UNPAD, ITB dan UI. Namun khusus UI, hanya SIMAK S1 Reguler saja yang ditiadakan, sedangkan untuk jalur Paralel dan Vokasi masih menggunakan Seleksi Mandiri.

informasi-jadwal-seleksi-mandiri-ptn-2017-terbaru

Adapula PTN yang tetap membuka SM namun mengharuskan pendaftar mengikuti ujian SBMPTN terlebih dahulu. Jadi nantinya, saat SM tidak perlu lagi tes ulang, melainkan menggunakan nilai SBMPTN yang diraih, misalnya di UNS, UNAIR. Menurut info yang kami terima, peserta SBMPTN tidak harus memilih PTN yang akan dipilihnya saat SM nanti, artinya peserta bebas memilih PTN lain yang penting ikut SBMPTN terlebih dahulu.

Nah, sebagai informasi berikut PTN yang membuka jalur Seleksi Mandiri 2017:

1. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

SM UPI dimulai mulai tanggal 01 Mei – 21 Juni 2017. UPI tidak menggunakan hasil SBMPTN sebagai langkah seleksi, melainkan melalui ujian tertulis pada tanggal 05 – 10 Juli 2017. Informasi selengkapnya dapat dilihat di laman http://pmb.upi.edu/.

2. Universitas Indonesia (UI)

Sebagaimana diungkapkan di atas, tahun ini UI meniadakan SIMAK UI jalur reguler, melainkan masih menggelar SIMAK UI jalur Paralel & Vokasi. Pendaftaran sudah dibuka tanggal 10 April – 8 Mei 2017. Sedangkan ujian tulis diselenggarakan pada tanggal 21 Mei 2017. Info lengkap di http://simak.ui.ac.id. Bagi S1 Reguler, UI memberlakukan kuota 30 persen SNMPTN dan sisanya untuk yang diterima melalui SBMPTN.

3. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Ayokuliah pernah menuliskan tentang SM UNS yang tetap diselenggarakan (baca: UNS Gunakan Nilai SBMPTN Untuk Proses Seleksi Mandiri). SM UNS dibuka tanggal 30 Mei – 15 Juni 2017. Dikarenakan tidak menggunakan tes tertulis lagi, maka UNS akan memanfaatkan nilai SBMPTN. Cek lengkapnya di http://www.spmb.uns.ac.id.

4. Universitas Diponegoro (UNDIP)
Ujian Mandiri (UM) Undip dibuka tanggal 24 Mei – 24 Juni 2017. Adapun tes tertulis diselenggarakan pada tanggal 8 Juli 2017. Informasi lengkapnya di sini http://um.undip.ac.id.

5. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Seperti halnya dengan UNS, Unsoed tetap menyelenggarakan SPMB Mandiri yang dibuka pendaftarannya pada 5 – 19 Juni 2017. Unsoed menggunakan nilai SBMPTN untuk menentukan siswa yang diterima. Silakan daftar online di laman http://spmb.unsoed.ac.id.

6. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

UNY membuka pendaftaran Ujian Tulis mulai tanggal 19 Juni – 11 Juli 2017, dan tes dilaksanakan tanggal 16 Juli 2017. Yuk daftar di http://pmb.uny.ac.id.

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Seleksi Mandiri di ITS diberi nama Program Kemitraan dan Mandiri (PKM). PKM segera dibuka tanggal 16 Mei – 4 Juli 2017. Peserta PKM diwajibkan mengikuti SBMPTN terlebih dahulu, lantaran PKM menggunakan nilai SBMPTN sebagai pengganti tes tertulis. Gali infonya di http://smits.its.ac.id/sarjana/#pkm

8. Universitas Brawijaya (UB)

Seleksi Mandiri UB (SMUB) tidak memerlukan ujian baik berupa PBT (Paper Base Test) maupun CBT (Computer Base Test). Dikarenakan seleksi didasarkan pada nilai/skor yang diambil dari hasil ujian SBMPTN 2017. Sayangnya, hingga saat ini belum ada informasi kapan UB membuka SMUB, cek terus laman ini http://selma.ub.ac.id/spmk/ untuk update selanjutnya.

Baca juga: Setelah UNS, Kini UB Wajibkan Peserta Seleksi Mandiri Ikut SBMPTN

9. Universitas Negeri Jember (UNEJ)

UNEJ membuka SBMPTBR per tanggal 5-23 Juni 2017, sedangkan tes tertulis dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2017. Informasi lengkap dapat dipantau di laman https://unej.ac.id/?page_id=10852.

10. Universitas Airlangga (UNAIR)

Ujian Mandiri yang akan dilaksanakan UNAIR menggunakan nilai SBMPTN. Namun, terkait kapan waktu pendaftaran dan pengumuman masih belum diketahui. Silakan simak infonya terus di laman http://ppmb.unair.ac.id/id/site/mandiri.

10 PTN di atas ada yang mengharuskan mengikuti SBMPTN dan ada yang tidak. Nah, bagi kamu yang tertarik mendaftar PTN yang mengharuskan ikut SBMPTN, silakan coba keberuntungan daftar SBMPTN terlebih dahulu. Saat ini proses pendaftaran masih dibuka hingga 5 Mei mendatang. Syukur-syukur kamu bisa lolos SBMPTN dan tidak perlu mengikuti SM lagi bukan?. Kuota untuk peserta yang diterima saat SBMPTN pun lebih tinggi dibandingkan SM. Jadi sebaiknya ikut SBMPTN dulu ya!.

Baca juga: Informasi Lengkap Pendaftaran Online SBMPTN 2017!

Jika ada informasi PTN lain yang sudah membuka jalur SM dan belum ada di artikel ini, silakan bubuhkan komentar di bagian bawah artikel ya. Terima kasih.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 1 reviews
by Erick Muhajirin on Ayo Kuliah

good

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait